Minggu, 02 November 2008

Membangun Mental Siswa

Yang membedakan sekolah biasa dengan sekolah berkarakter adalah prestasinya. Baik itu prestasi akademik ataupun prestasi non akademik. Sebuah sekolah bisa dibilang berprestasi di bidang akademik jika dalam ujian nasional siswa kelas 3 lulus semua. Atau ada siswa wakil sekolah tersebut yang menjuarai olimpiade di bidang studi tertentu.
Sebuah sekolah bisa juga berprestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya menjuarai Survival pada Pramuka, Jumbara pada PMR, Juara Bola Basket, Juara Melukis, Juara Karawitan, Juara Menyanyi, Juara Band, Juara Karate, dan lain sebagainya.
Hanya saja hingga sekarang masih banyak di sekolah-sekolah menunjukkan bahwa beberapa di antara komponen sekolah sendiri kurang mendukung kegiatan ekstrakurikuler. Mereka kelihatan lebih sreg kalau yang lebih berprestasi adalah kegiatan di bidang akademik. Tetapi sebaiknya harus seimbang.
Ini semua bisa diawali dengan menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan ekstrakukuler yang sempat terhenti atau mengadakan ekstrakurikuler baru. Selain itu tumbuhkan perasaan nyaman pada siswa dalam melaksanakan kegiatan tersebut dengan cara saling mendukung dan tidak setengah-setengah. Ini berlaku untuk semua warga sekolah. Mulai dari kepala sekolah, wakil kepala, guru, tata usaha, tukang kebun, masyarakat dan murid itu sendiri.
Biarkan siswa-siswa itu menemukan jati diri mereka dalam kegiatan tersebut. Tidak bisa kita hanya mengandalkan sisi akademik semata. Toh sistem pendidikan kita masih nyenthel di jabatan yang namanya Menteri Pendidikan, sering diubah-ubah, bingung cari formula tepat, yang akhirnya muncul keputusan berorientasi instan. Apakah itu kita?
Biarkan siswa-siswa menemukan karakter mereka. Biarkan mereka lelah seharian di sekolah. Dukung mereka berkarya, tanpa karya mati sia-sia. Siapa akan ingat dirimu jika tanpa karya? Latih mereka agar menjadi tombak titanium, menembus belantara Indonesia yang sendi-sendinya berkarat karena pelumasnya dicuri juru kuncinya sendiri. Maju, Pendidikan Indonesia!!!

Tidak ada komentar: